Sabtu, 13 September 2008

Google Mengakuisisi TextCube yang Konon Lebih Canggih daripada WordPress


Inilah gabungan antara blog dan social networking


Hari ini Google mengakuisisi TextCube, sebuah platform blog yang dimiliki oleh TNC (Tatter and Company), sebuah perusahaan yang berasal dari Korea. CEO TNC, Chang Kim menggambarkan perusahaannya seperti Automattic yang memiliki WordPress.com dan mengelola WordPress.org. TextCube di Korea dipakai oleh blogger-blogger top dan TNC juga bekerjasama dengan komunitas open source dalam mengembangkan TextCube.org sama seperti Automattic dalam mengembangkan aplikasi WordPress.


Joyce Kim, seorang blogger, mengatakan bahwa TextCube mempunyai dashboard yang lebih bersih. Di TextCube kita juga lebih mudah mengintegrasikan video, foto dan podcast dalam postingan. Konon ada fitur drag-and-drop yang mempermudah untuk memasukkan foto, memformat text di seputar gambar, menciptakan slideshow, resize gambar dan lain-lain. Kim menyebut bahwa kecantikan TextCube terletak pada kesederhanaannya.


TextCube juga mempunyai sistem lacak komentar yang intiutif, terstruktur seperti dalam kotak email. Kim membayangkan fitur ini akan memudahkan orang yang baru belajar ngeblog merasa nyaman saat berinteraksi dengan pembaca dan blogger lain lewat komentar.


Jadi TextCube adalah gabungan antara layanan blog dan social networking dalam satu paket. Saya memperkirakan Google nantinya akan mengintegrasikan TextCube dengan Blogger. Jika tidak, TextCube akan bersaing dengan BuddyPress milik Automattic yang telah mempunyai WordPress.com.

Bakalan semakin ramai nih….


(source http://jalansutera.com/)


Tidak ada komentar: